Tantangan Terberat Menggambar Sudut Pandang Anime dan Manga

Tantangan Terberat Menggambar Sudut Pandang Anime dan Manga

Kegagalan dalam percobaan pertama adalah hal biasa. Menggambar anime dan manga pun memiliki presentase yang sangat besar untuk GAGAL di awal pembuatan. Meskipun pada prinsipnya banyak penikmat anime dan manga yang menggambar dengan style bebas atau imajinatif, tapi tetap saja bebas bukan berarti tidak presisi dan sesuai dengan proporsi yang ada. Contoh sederhana yang dimulai saat pertama kali menggambar anime adalah kesalahan proporsi dan presisi hidung, mata, atau mulut sang karakter. Terkadang saat kita merasa sudah selesai dan sangat puas dengan gambaran pertama kita, sejam atau dua jam kemudian coba di teliti dan dipandang lebih lama, hal yang akan dirasakan adalah "Wah, posisi matanya ternyata terlalu ke kanan." atau ada juga pernyataan "Kenapa pipi kanan jadi tidak sama dengan pipi yang kiri?". Hal tersebut sangat wajar sekali terjadi.

Kesan pertama ketika harus berhadapan dengan ketidakpuasan hati atas apa yang kita gambar adalah membayangkan sebuah gerbang untuk membuat sebuah karya. Ketika "tidak puas" tersebut terus ditanam hati dan menjadi pelecut untuk menjadi yang lebih baik dengan gambar anime dan manga yang pertama, maka gerbang tersebut akan mudah untuk dibuka lebar-lebar. Ada yang merasa ketika pertama kali mecoba menggambar dan menemui ketidakpuasan dan kemudian menuduh dirinya "tidak ada bakat" menggambar dalam diri, maka gerbang yang sudah didepan mata sengaja kita kunci sendiri dan tidak akan pernah terbuka.

Setiap manusia memiliki keunikan tertentu dan sangat ahli dalam bidang tertentu pula. Meskipun demikian saya lebih percaya dengan kerja keras dan latihan untuk bisa meraih apa yang kita mau. Menggambar memang tidak mudah, namun latihan dan kerja keras adalah salah satu hal yang harus kita lakukan untuk mebumbuhkan bakat itu sendiri.

Sudut Pandang dalam menggambar Anime dan Manga

Sudut Pandang yang ada dalam menggambar anime dan manga wajib kita pelajari. Seperti kita tahu, manga dan anime memiliki ciri dan keunikan tersendiri dari pada dengan karakter kartun lainnya. Yang sangat terlihat adalah kebebasannya dalam "memuaikan" dan "menyusutkan" salah satu bagian yang dianggap proporsional. Akan tetapi bukan berarti harus menghilangkan bidang tubuh yang aslinya. Misalkan ketika karakter harus digambar dari bawah, maka yang terlihat hanya bagian garis dagu, untuk menjaga pemahaman pembaca dan penikmat karakter maka kita harus menggambar sesuai dengan anatomi tubuh manusia atau bisa dikatakan menggambar yang lebih realistis sehingga audience tidak salah menafsirkan apa yang kita gambar.

Makna dan penjelasan dari sudut pandang karakter

Sudut pandang adalah poin utama dalam membangun karakter atau bahkan keseluruhan cerita. Selain itu kemampuan "sudut pandang" yang lain adalah membuat karakter dalam sebuah cerita menjadi sangat ditekankan atau dramatis dan menarik serta terlihat sangat menghibur. Yang harus diketahui adalah terdapat beberapa jenis sudut pandang jika dilihat dari bagian kepala yaitu depan, tiga perempat depan, belakang, tiga perempat belakang, samping, atas dan bawah. Kesemuanya adalah hal paling dasar dalam ilmu menggambar karakter anime dan manga jadi para pemula sebaiknya harus fokus dan sering latihan pada bagian ini.

Tips saat menggambar sudut pandang.

Banyak sekali pemula yang menggambar dengan sembarangan dengan hasil yang kurang maksimal. Untuk mengurangi hal tersebut mengandalkan garis bantu adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Keberadaan titik fokus akan membantu keseimbangan setiap elemen dan bahkan mampu memberikan arah pandang yang tepat saat menggambar. Meskipun garis bantu adalah alat utama, perasaan serta imajinasi dari author adalah kemampuan yang tidak boleh dilupakan. Semakin sering diasah maka feeling akan semakin tajam.

Hal tersulit saat menggambar sudut pandang adalah penempatan presisi dan proporsi ketika harus menggambar kepala dari depan, atas, bawah atau tiga perempat depan dan lain sebagainya. Akan tetapi semuanya bisa diatasi dengan latihan, semakin sering latihan maka akan semakin mempertajam insting dan imajinasi kita. Semoga membantu. :)

No comments:

Post a Comment

Adbox

@animedist