3 Alat Bantu Ini Mempermudah Membuat Sudut Pandang Karakter Manga dan Anime

Setelah membuat dan menentukan mata serta emosi dari Manga atau Anime, selanjutnya adalah membuat sudut pandang dari Manga tersebut.

Hal ini sedikit rumit jika tidak paham benar bagaimana perspektif dari sang tokoh...

Hukum perspektif ini sangat penting untuk menjaga agar setiap visual yang ditampilkan terlihat proporsional dan juga nyaman dilihat dan ironisnya banyak sekali para komikus yang baru belajar membuat karakter sangat kesulitan untuk mengaplikasikan hukum perspektif ini.

3 alat yang berguna untuk membuat sudut pandang wajah manga adalah ...

1 Lingkaran, 1 Garis Horizontal dan 1 Garis Vertikal ...

Pola dasar Sudut Pandang Manga


Mereka adalah perlengkapan pokok yang harus disiapkan bagaimanapun sudut pandang seorang karakter akan dibuat dan hasilnya akan seperti ini.

Contoh sudut pandang kepala

Membuat Sudut Pandang Mata 


Seperti halnya dengan kepala, sudut pandang mata juga harus diperhatikan karena komponen kepala tidak hanya rambut ataupun leher, tapi mata juga harus diperhatikan.

Karena garis vertikal adalah alat untuk meletakkan mata di dalam wajah, maka untuk melatih menggambar perspektif mata cukup menggunakan 1 peralatan, yaitu garis vertikal.

menggambar Mata Manga


Menggambar sudut pandang hidung dan mulut


Alat lain yang masih belum digunakan adalah garis horisontal.

Garis ini berfungsi untuk penempatan hidung dan juga mulut karakter dan khusus untuk mulut terletak antara perpotongan dari garis lingkaran dan garis horisontal.

Hidung dan Mata Manga

Hasil keseluruhan menggambar wajah dengan 3 alat bantu


Contoh sketsa di bawah ini adalah penggabungan ketiga alat bantu tersebut, sedikit tips jika ingin menggambar keseluruhan sudut pandang sebaiknya perbanyak latihan di bagian kelemahan skill.

Maksudnya adalah jika sudah berhasil membuat kepala secara proporsional dengan garis bantu maka selanjutnya segera perbanyak membuat mata dan juga hidung dan mulut.

Tapi jika misalnya kemampuan membuat mata sangat lemah, maka buatlah latihan hanya menggunakan garis vertikal untuk penempatan mata secara proporsional tidak perlu menggunakan lingkaran atau garis horisontal.

Sama halnya dengan ketika kelemahan saat membuat sudut pandang hidung dan mulut...

Gunakanlah garis horisontal saja untuk membuat sudut pandang elemen wajah tersebut, tidak perlu keseluruhan....

1 comment:

Adbox

@animedist