Gunakan 2 Alat Ini dalam 30 Menit Sehari untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Tubuh dan Gerakan

Tubuh dan gerakan merupakan modal dasar dalam manga untuk mengisahkan cerita serta mengekspresikan segala efek atau emosi dari alur cerita.

Stickman dan juga Blockman adalah alat bantu utama dalam membuat gerakan serta tubuh secara seimbang...

Untuk menampilkan kesan humor dan serius tentunya seorang mangaka akan memvisualkan karakternya dengan proporsi tubuh yang berbeda.



Misalnya seringkali dalam manga terlihat sosok yang kocak dengan badan lebih kecil atau kepala lebih besar, sedangkan ketika harus berhadapan dalam situasi serius, charming atau marah banyak karakter menjadi semi realis dengan karakter kuat.

Pembuatan tubuh serta membentuk gerakan memang sangat sulit mengingat detail dari setiap proporsi yang harus digambar juga banyak, berbeda ketika menggambar sudut pandang kepala di tutorial sebelumnya.

Tapi ...

Pelajaran dasar pada tutorial menggambar sudut pandang kepala adalah modal utama, jika sudah dipelajari dan lulus.

Sudut pandang memang memerlukan imajinasi yang kuat dan kaya dari mangaka agar para pembaca tidak bosan untuk melihat setiap adegan dari cerita yang dibuat.

Berlatih rutin setiap hari cukup 30 menit untuk satu gerakan adalah cara efektif...

Sekali lagi tidak perlu banyak banyak, pikirkan gerakan tubuh yang paling favorit, kemudian gunakan garis bantu, mulai mencorat-coret dengan pola yang sama selama 30 menit sampai pola gerakan tersebut menjadi idola di pikiran bawah sadar.

30 menit setiap hari, bukan setiap jam, atau setiap 1 minggu sekali.. tapi setiap hari ...

Untuk membuat tubuh serta gerakan, sebaiknya menggunakan garis bantu untuk menjaga proporsi di setiap komponen tubuh.

dan ...

Garis bantu yang cocok untuk belajar adalah stickman dan blockman....

Menggambar menggunakan stickman dan blockman

Tehnik ini bukan sekedar untuk pemula, para mangaka profesional pun masih banyak menggunakan alat bantu ini, jadi tidak perlu gengsi ...

Bahkan ada juga yang menggunakan patung untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih real, atau menggunakan model demi menentukan keseimbangan gerakan.


1 comment:

  1. Akan lebih baik lgi jika di berikan contoh pemodelan nya,, terimakasih untuk artikelnya

    ReplyDelete

Adbox

@animedist